Manfaat Sehat Dari Kebiasaan Minum Kopi

Advertisement

Manfaat Kopi di pagi hari untuk memulai kesibukan dan juga minuman untuk temani di kala malam. Meskipun tidak digolongkan sebagai minuman sehat, namun telah banyak hasil riset yang menunjukan bahwa meminum kopi 3 gelas atau bahkan lebih dalam sehari mempunyai manfaat untuk kesehatan. Orang yang minum secangkir kopi /harinya, mereka mengurangi 6 % resiko kematian, satu hingga tiga cangkir bisa kurangi 8 % resiko, 3 hingga 5 cangkir 15 %, dan lebih dari lima cangkir 12 % mengurangi resiko kematian. Resiko terkena Parkinson orang yang minum kopi juga lebih rendah dibanding mereka yang tidak minum kopi. Selain itu juga dapat membantu mengurangi resiko demensia dan Alzheimer.

New England Journal of Medicine menerbitkan sebuah penelitian yang dilakukan selama 13 tahun oleh National Cancer Institute yang menyimpulkan bahwa orang yang minum kopi memiliki resiko kematian dini 16 persen lebih kecil. Hasil riset juga menemukan bahwa resiko kematian yang dipicu penyakit jantung, stroke ternyata dapat diminimalisir dengan minum kopi. Dapat pula menjaga kesehatan hati, membantu menghilangkan sakit kepala, mempercepat proses pembakaran lemak, meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah Diabetes. Satu dari sembilan penelitian juga menemukan bahwa kopi bisa menurunkan risiko kanker hati, kanker payudara dan kanker usus besar.
manfaat minum kopi
Hasil penelitian yang dilakukan Australian Institute menemukan bahwa satu cangkir kopi dapat memicu otot membakar lemak sebagai sumber energi yang lebih baik daripada karbohidrat. Menurut penulis Optimum Sports Nutrition Dr. Michael Colgan, proses pembakaran lemak dapat meningkat hingga 100 persen bila mengkonsumsi kafein sebelum berolahraga. Antioksidan yang terkandung dalam kopi seperti kandungan asam klorogenik yang dapat memperlambat penyerapan gula dalam proses pencernaan. Asam klorogenik juga dapat membantu pembentukan GLP-1 yang dapat meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan gula ke dalam sel-sel). Zat lain dalam kopi yaitu trigonelin (pro vitamin B3) juga diduga dapat membantu memperlambat penyerapan glukosa.

Advertisement

Manfaat Sehat Dari Kebiasaan Minum Kopi

  • Sudah diperlihatkan dalam sebagian studi bisa tingkatkan ketahanan & kapasitas periode pendek. Suatu riset di th. 2008 menyimpulkan bahwa faedah cafein saat sebelum latihan terlihat dalam endurance (ketahanan), peristiwa stop-and-go & atas kesibukan intensitas tinggi periode panjang. Hal ini dapat juga menolong atlet tampak baik sepanjang latihan kemampuan – bahkan juga saat kurang tidur – bila dikonsumsi satu jam saat sebelum latihan atas dosis 4 mg untuk tiap-tiap kg berat tubuh.
  • Kopi bisa menghambat encok
    Suatu studi th. 2007 atas pria yang berumur kian lebih 40 th. menghubungkan mengkonsumsi kopi periode panjang bersama rendahnya resiko encok, keadaan peradangan yang dikarenakan oleh penambahan kandungan asam urat. Baik kopi reguler atau yang tanpa ada cafein bakal memberi efek positif, & mereka yang minum enam cangkir satu hari mempunyai resiko 60 % lebih rendah terlepas dari keadaan encok.
  • Menghindar penyakit batu empedu  Beberapa peneliti Harvard atas th. 2002 temukan bahwa wanita yang minum sekurang-kurangnya empat cangkir kopi satu hari ada atas resiko 25 % lebih rendah dari batu empedu. Suatu studi pada awal mulanya temukan hasil yang sama untuk pria.
  • Menghindar depresi Wanita yang minum dua hingga tiga cangkir kopi satu hari 15 % lebih kecil kemungkinannya untuk alami depresi, & mereka yang minum empat cangkir mempunyai kemungkinan 20 % lebih rendah, menurut laporan 2011 dalam “Archives of Internal Medicine. ”

Lagi Trend

Advertisement